Anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, M Syarif. Foto: MI/Galih Pradipta
Anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, M Syarif. Foto: MI/Galih Pradipta

Gerindra Tak Masalah PKL di Trotoar

Nasional pedagang kaki lima (pkl)
M Sholahadhin Azhar • 28 Agustus 2019 16:39
Jakarta: Anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, M Syarif, mengaku tak masalah pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar. Dia menyebut itu bagian dari solusi penataan PKL.
 
"Bukan sekadar menertibkan tapi harus dikasih solusi. Kalau ada PKL di trotoar, itu suatu kemajuan ya harus kita dukung," ujar Syarif di kantor DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2019.
 
Dia menyebut memperbolehkan PKL berdagang di trotoar bentuk keberpihakan kepada kaum lemah. Sebab, Pemprov DKI juga harus memfasilitasi PKL dalam menjajakan barang dagangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syarif yakin memperbolehkan PKL di trotoar tak bertentangan dengan aturan. Karena perspektif yang dipakai adalah melindungi masyarakat kecil yang ingin berwirausaha.
 
"Mendekatkan pedagang pada pembelinya, ya di trotoar. Supaya trotoarnya tidak kumuh, ya dibina, diatur tata letaknya," kata dia.
 
Di sisi lain, Syarif mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang mengkaji solusi terbaik untuk PKL setelah ada putusan Mahkamah Agung yang melarang berjualan di trotoar. Yang penting, tak mengurangi keberpihakan kepada PKL.
 
Syarif memastikan Pemprov DKI akan menghormati putusan itu, dan mencari solusi terbaik untuk semua pihak. "Tidak akan menyurutkan langkah-langkah Pak Anies membela PKL, tetap ditempatkan di beberapa tempat yang menurut Pak Gubernur itu masih bisa," kata dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif