Salah satu spanduk imbauan wajib belajar di RW 04 Kelurahan Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan. MTVN/Whisnu Mardiansyah.
Salah satu spanduk imbauan wajib belajar di RW 04 Kelurahan Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan. MTVN/Whisnu Mardiansyah.

Pengurus RW 04 Pancoran Siapkan Sanksi bagi Pelanggar Program Wajib Belajar Malam

Nasional pelajar
Whisnu Mardiansyah • 17 Agustus 2016 06:17
medcom.id, Jakarta: Kawasan RW 04 Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, resmi menjadi wilayah percontohan program wajib belajar di malam hari. Pengurus RW pun tengah merumuskan sanksi bagi mereka yang melanggar program wajib belajar malam itu.
 
Wakil RW 04 Dedi Kusnadi mengatakan, saat ini belum ada sanksi yang diberikan kepada warga yang tak mengikuti program wajib belajar di malam hari. Sanksi masih disampaikan secara lisan melalui pengurus rukun tangga (RT) setempat.
 
"Kami masih merumuskan dengan pihak kelurahan untuk masalah sanksi," kata Dedi kepada metrotvnews.com di kantor RW 04, Jalan Pancoran Barat IX, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa pilihan sanksi yang bisa diberikan, seperti denda atau kerja bakti. Namun, Dedi menilai, warga setempat antusias untuk menjalankan program wajib belajar malam ini. Sekitar pukul 18.00 WIB, wilayah RW 04 terlihat sepi. Tak ada anak usia sekolah yang berkeliaran di luar rumah.
 
"Yang diperlukan kesadaran orang tua. Kami tidak mungkin setiap hari memantau berkeliling," kata Dedi.
 
Kegiatan ini telah dilakukan sejak 4 Agustus. Aturan ini mewajibkan anak usia sekolah berada di rumah untuk belajar antara pukul 18.00-21.00 WIB. Tak hanya anak, orangtua mereka juga dilarang menyalakan televisi pada jam itu.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif