Pengemudi ojek online (ojol) menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
Pengemudi ojek online (ojol) menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Tarif Baru Ojol Harus Diimbangi Pelayanan Keamanan

Nasional ojek online
Suci Sedya Utami • 01 Mei 2019 18:27
Jakarta: Penetapan tarif baru berupa batas atas dan bawah bagi ojek online dinilai tidak cukup. Aturan baru itu harus diikuti dengan pelayanan yang menjamin keselamatan penumpang.
 
Kepala Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi mengatakan dalam transportasi umum keamanan menjadi hal yang terpenting. Nyawa penumpang harus mendapatkan jaminan dari implementasi tarif tersebut.
 
"Ketika tarif itu sudah naik, maka harus berbanding lurus dengan sisi keamanan dan pelayanan," kata Sularsi pada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 1 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para driver juga harus patuh dengan aturan lalu lintas saat membawa kendaraan, terutama saat membawa penumpang. Driver harus memahami tata tertib berkendara yang menjamin keselamatan penumpangnya.
 
"Begitu juga kesiapan armada (kendaraannya) harus laik dan diperhatikan," jelas Sularsi.
 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 yang menetapkan tarif ojek online terbaru. Tarif ditentukan berdasarkan tiga zona. Zona pertama adalah Sumatera, Jawa, dan Bali.
 
Zona kedua Jabodetabek, dan zona ketiga mencakup Kalimantan dan Sulawesi. Jabodetabek dipisahkan dari Sumatera dan Jawa atau zona satu karena ojek daring sudah menjadi kebutuhan primer bagi warga di daerah tersebut.
 
Untuk zona I, biaya jasa minimal berkisar antara Rp7.000-Rp10.000, dengan biaya jasa batas bawah sebesar Rp1.850 dan biaya jasa batas atas Rp2.300. Untuk zona II, atau Jabodetabek, biaya jasa minimal sebesar Rp8.000-Rp10.000, dengan biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.000 dan biaya jasa batas atas sebesar Rp2.500.
 
Sedangkan untuk zona III, biaya jasa minimal adalah Rp7.000-Rp10.000. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.100 dan biaya jasa batas atas sebesar Rp2.600. Semua tarif yang ditentukan belum ditambah biaya dari aplikator sebesar 20 persen.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif