Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Polda Metro Usulkan Tempat Wisata Ditutup Selama Libur Lebaran

Nasional kucing polri Pariwisata DKI Jakarta Virus Korona Idulfitri 2021
Siti Yona Hukmana • 04 Mei 2021 13:34
Jakarta: Polda Metro Jaya mengusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup tempat wisata selama libur Lebaran 2021. Pembukaan tempat wisata dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan.
 
"Kami mengusulkan sebaiknya ditutup saja," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Pihaknya telah menggelar rapat lintas sektoral terkait libur lebaran. Usulan itu juga telah disampaikan ke Pemprov DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami minta keputusan dari Dinas Pariwisata, kalau bisa seperti tahun kemarin itu (wisata) ditutup saja," ujar Marsudianto.
 
Namun, dia menyebut pihaknya hanya bisa mengusulkan. Keputusan tetap di tangan pemerintah.
 
(Baca: Kapolri Instruksikan Pengawasan Prokes Covid-19 di Tempat Wisata)
 
Marsudianto mengaku pihaknya juga telah menyiapkan skema pengamanan tempat-tempat wisata yang tersebar di DKI Jakarta. Pengamanan untuk mencegah penumpukan masyarakat.
 
"Seperti untuk tiketnya dibeli secara online, kemudian dibatasi hanya 50 persen, kalau masih ada juga penumpukan kami akan melakukan penyekatan buka tutup sementara waktu," ungkap Marsudianto.
 
Personel gabungan TNI-Polri akan dikerahkan ke sejumlah tempat wisata di Ibu Kota, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Kebun Binatang Ragunan, dan Kota Tua. Namun, jumlah personel belum dapat dipastikan.
 
"Tentu jumlahnya akan berbeda-beda. disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi kerawanannya," ucap Marsudianto.  
 
Rapat lintas sektoral juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta. Kemudian, Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Lalu, jajaran TNI dari Kasdam Jaya, Danpomdam, Lantamal III, dan lainnya.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif