Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Tak Bisa Hadir, Penerima BST Bisa Diwakilkan

Nasional dki jakarta pemprov dki bansos
Sri Yanti Nainggolan • 13 Januari 2021 23:06
Jakarta: Bantuan sosial tunai (BST) DKI Jakarta mulai disalurkan Selasa, 12 Januari 2021. Penerima bansos yang tak bisa datang, bisa diwakilkan. 
 
"Bagi penerima BST yang sedang sakit, tidak perlu memaksakan untuk datang karena bisa menggunakan surat kuasa kepada ahli waris maupun kerabat terdekat," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 Januari 2021. 
 
Pilihan lain, penerima bisa hadir saat penyaluran kedua atau berikutnya jika sudah dalam keadaan sehat. Warga diharap tak khawatir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: RS Rujukan Covid-19 di DKI Terisi 80 Persen, Warga Diminta Waspada
 
Penerima BST bisa diwakilkan penerima kuasa yang ada dalam satu kartu keluarga (KK). Ada tiga berkas yang harus dibawa, yaitu surat kuasa dari penerima BST, surat kuasa dari pemberi kuasa, serta KTP dan KK (asli dan salinan kedua pihak tersebut).
 
Selain itu, penerima kuasa berada di luar KK seperti paman, bibi, atau nenek bisa menjadi perwakilan. Mereka cukup membawa surat pengantar dari Dinas Sosial melalui satpel sosial kecamatan serta KTP dan KK, asli maupun salinan, dari pemberi kuasa dan penerima kuasa.
 
Sementara itu, penerima hanya perlu membawa tiga berkas saat pengambilan BST. Dokumen itu meliputi undangan distribusi, KTP asli dan salinannya, serta KK asli maupun salinannya.
 
Penerima BST mendapatkan bantuan tunai Rp300 ribu per KK selama empat bulan, Januari-April 2021. Penyaluran distribusi BST dilakukan di 814 sekolah pada enam wilayah kota/kabupaten administrasi. Sebanyak 160 sekolah digunakan setiap hari untuk penyaluran BST. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif