Ilustrasi belajar daring. MI/Sumaryanto
Ilustrasi belajar daring. MI/Sumaryanto

Dinas Pendidikan DKI Belum Bisa Prediksi Pembukaan Kembali Sekolah

Nasional Virus Korona Pembelajaran Daring Metode Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh
Atalya Puspa • 01 November 2020 04:04
Jakarta: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana menyebut tidak ada yang bisa memastikan waktu pembukaan kembali sekolah. Pasalnya, tidak ada yang mampu memprediksi pandemi covid-19 (korona) berakhir.
 
"Kapan dibuka? Kita enggak tahu. Tapi dengan kondisi seperti ini kita diminta untuk beradaptasi cepat," kata Nahdiana dalam webinar bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Nahdiana menuturkan terpenting dalam proses belajar mengajar hak sehat dimiliki anak-anak dan guru. Pembukaan sekolah diperlukan persiapan dan kajian yang matang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bukan hanya asesmen. Kita kalau akan membuka sekolah pasti akan ada persiapan teknis pembelajaran. Ketika bicara protokol kesehatan, jumlah kapasitas kelas minimal dua kali sif. Ini jadi tantangan baru," beber dia.
 
Sementara itu, psikolog pendidikan Rumah Dandelion, Binky Paramitha, menuturkan selama menunggu sekolah dibuka, orang tua dan guru harus berupaya menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Kegiatan belajar mengajar harus dijadikan kegiatan bermakna dan menyenangkan.
 
"Kegiatan ajar harus lebih interaktif meskipun secara online. Contohnya anak TK atau SD ketika kelas online. Jangan mengajarkan seperti ceramah, tapi buatlah dua arah," tutur dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif