Pemprov DKI Keruk 14 Waduk
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan. Foto: Medcom.id/Intan.
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengeruk sejumlah saluran dan waduk di Ibu Kota. Ada 14 waduk yang tengah dikeruk untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.
 
14 waduk itu adalah Setu Babakan, Waduk Kampung Rambutan 1, Waduk Kampung Rambutan 2, Waduk Pondok Rangon, Situ Rawa Minyak, dan Waduk Cilangkap Gili Kencana. Ada juga Waduk Cimanggis, Waduk Jalan Kaja, Waduk Jalan Kaja II, Waduk Pekayon, Embung Aselih, Situ Rawa Minyak, dan Waduk Jagakarsa.
 
"Prediksi BMKG bulan November turun hujan walaupun intensitasnya masih rendah, tapi kita mengantisipasi sejak awal tahun. Seperti pengerukan dan perbaikan-perbaikan infrastruktur," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan saat dihubungi, Jakarta Pusat, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Baca: Antisipasi Banjir di Jakarta

Teguh menyampaikan, pengerukan 14 waduk itu belum termasuk sungai. Sebab, sungai dan kali merupakan kewenangan Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane (BBWSCC).
 
Ia memprediksi intensitas curah hujan paling tinggi di kawasan timur dan selatan Jakarta. "Karena sudah tiga tahun selama saya jadi Kepala Dinas lokasi yang intensitas cukup tinggi timur dan selatan. Bahkan, Jakarta Timur ada yang rawan longsor," ungkapnya.
 
Teguh mengklaim jumlah titik banjir dan titik genangan di Jakarta sudah berkurang. "Kalau Melayu dua sampai tiga tahun terakhir kan alhamdulilah (tidak banjir), Bukit Duri bisa dilihat, dan Jati Padang sudah ada perbaikan," pungkas dia.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id