Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji. Foto: MI/Atet Dwi.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji. Foto: MI/Atet Dwi.

Ribuan Petugas Kebersihan Siaga di Malam Tahun Baru

Nasional perayaan natal dan tahun baru natal dan tahun baru
Nur Azizah • 28 Desember 2018 10:01
Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan 6.800 satuan tugas kebersihan saat malam tahun baru 2019. Mereka terdiri dari sopir truk sampah, regu comot, hingga pasukan oranye dari kelurahan.
 
"Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Jumat 28 Desember 2018.
 
Mereka akan membersihkan Ibu Kota dalam satu malam. Artinya, pada Selasa, 1 Januari 2019, pagi Jakarta bersih dari sisa-sisa perayaan pergantian tahun.
 
Ribuan petugas itu akan membersihkan sampah-sampah mulai pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut. Untuk mempermudah penanganan kebersihan, Isnawa meminta pedagang kaki lima dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di bahu jalan dapat segera meninggalkan lokasi.
 
"Jadi, ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai pasukan oranye langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan," kata Isnawa.

Baca: Jokowi Rayakan Tahun Baru di Bogor

Dinas Lingkungan Hidup dibantu Satpol PP DKI akan menertibkan PKL. Sedangkan parkir dan pengunjung dibantu Dinas Perhubungan DKI.
 
"Karena biasanya yang menghambat petugas dalam pembersihan wilayah ya ini (PKL dan parkir liar). Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL," pungkas dia.
 
Dalam perayaan malam tahun baru 2019, Pemprov DKI bakal menggelar panggung hiburan di lima titik. Lima titik itu yakni Monas, Harmoni, Patung Kuda, Sarinah, Jalan Wahid Hasyim. Tak hanya itu, Pemprov DKI juga akan menggelar nikah massal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi