Anies Ubah Jadwal Bus Operasional PNS DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah jadwal operasional bus antar jemput PNS DKI Jakarta. Dari yang semula pukul 16.00 WIB menjadi pukul 19.00 WIB.

Anies menyebut jadwal bus antar jemput mepet dengan jam pulang kerja. Hal itu dimanfaatkan  oleh PNS untuk pulang lebih cepat. 

"Saya ini dapat laporan kalau jam 15.30 WIB PNS sudah berkemas. Pukul 16.00 WIB kurang sudah berada di tempat finger print. Begitu 16.00 WIB teng langsung menuju bus langsung, pulang," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 19 November 2018.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini ingin fasilitas antar jemput diperuntukkan bagi PNS yang justru bekerja lebih. Sementara untuk PNS yang ingin pulang tepat waktu dipersilakan menggunakan kendaraan umum.

"Kenapa fasilitas transportasi pemerintah justru dipakai untuk mereka yang segera pulang? Sementara mereka yang kerjanya lebih panjang justru tidak dapat fasilitas kendaraan. Jadi mulai hari ini, bus itu berangkatnya pukul 19.00 WIB," tegas dia.

Baca juga: Ahok Berang Bus Operasional PNS DKI Disalahgunakan

Berdasarkan catatan, sedikitnya 1.900 PNS menggunakan fasilitas bus antar jemput. Fasilitas ini juga pernah disoroti mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Ahok berniat menghapus operasional bus jemputan PNS. Alasannya, semenjak ada bus antar jemput banyak PNS yang mencari-cari alasan untuk pulang kerja lebih cepat. 

"Para PNS itu biasanya habis salat Asar langsung siap-siap pulang. Kita pulang jam 16.00 WIB kan. Kalau pukul 16.00 WIB itu kan absensinya baru mulai, baru siap-siap pulang. Ini enggak, udah langsung duduk di bus, pukul 16.00 WIB busnya jalan," ungkap Ahok kala itu.

Bus jemputan mengangkut PNS dengan rute Bekasi Barat, Depok, Bogor, dan Tangerang.



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id