Tanah Ambles

Korban Tanah Ambles Cemas Direndam Banjir

Sunnaholomi Halakrispen 22 November 2018 14:20 WIB
tanah longsor
Korban Tanah Ambles Cemas Direndam Banjir
Kondisi pengungsian warga yang menjadi korban tanah ambles di Kampung Lodan, Jakarta Utara--Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Warga korban tanah ambles di Kampung Lodan, Jakarta Utara, yang kini tinggal di pengungsian harap-harap cemas. Mereka waswas tenda pengungsian tergenang banjir saat hujan datang.

"Kalau hujan, tendanya bukan cuma rembes, tapi banjir," kata Eli, salah satu korban tanah ables, kepada Medcom.id di tenda pengungsian, Kamis, 22 November 2018.

Mega, korban lainnya, juga punya kekhawatiran yang sama dengan Eli. Dia juga mengeluhkan kondisi tenda. "Panas," kata Eli. Beruntung, kemarin ada kipas angin. Jadi, kondisi tenda tak begitu sumuk


Tapi, baik Eli maupun Mega, tetap besyukur di tengah keterbatasan. Apalagi, sejak Dinas Sosial DKI Jakarta menyalurkan bantuan makan siang buat pengungsi.

Baca: Tanah di Kampung Lodan Tiba-tiba Ambles

Ade, 37, korban lainnya, berharap pemerintah cepat membangun kembali rumahnya. Meski tak terlalu luas, toh bagi dia rumahnya adalah segala-galanya. "Lebih enak daripada di sini," tutur Ade.

Pantauan Medcom.id, tenda pengungsian warga berada di belakang lokasi tanah ambles. Di dalam tenda terlihat ada mi instan, beras, dan air minum. Toilet umum pun disediakan.

Tanah di Kampung Lodan ambles pada Minggu, sekitar pukul 10.00 WIB, 18 November 2018. Kejadian ini bukan kali pertama. Pada 25 Oktober 2018, longsor juga terjadi di titik yang sama.

Dinas SDA pun langsung datang dan memperbaiki. Namun, belum selesai diturap, tanah tersebut kembali ambles.

Ada delapan rumah yang rusak akibat dari amblesnya tanah. Namun hingga saat ini Anies belum mengetahui penyebab pasti tanah di aliran Kali Ciliwung itu turun dari permukaan.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id