Sembako diantar ke rumah warga di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 9 April 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Sembako diantar ke rumah warga di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 9 April 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Anies Minta Ketua RW Verifikasi Data Penerima Bansos

Nasional Virus Korona PSBB
Cindy • 13 Mei 2020 05:30
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku telah melibatkan rukun warga (RW) untuk pendataan penerimaan bantuan sosial (bansos) tahap II. Hal ini dilakukan karena data penerima bansos tahap I tak akurat.
 
"Kita kirimkan data-data kepada ketua-ketua RW, daftarnya. Lalu ketua RW melakukan verifikasi, lalu dikembalikan lagi ke kita," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Menurut dia, sejak penyaluran bansos tahap I selesai pada Sabtu, 25 April 2020, Pemprov DKI masih memverifikasi data. Pembagian bansos terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kini dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu belum bisa menjawab perihal jumlah penerima bantuan tahap II dalam penanganan virus korona (covid-19). Pemprov DKI masih menunggu verifikasi data dan pendistribusian bansos dari pusat rampung.
 
"Nanti sesudah selesai dengan Kemensos, kita umumkan jumlahnya. Tapi ya jumlahnya jadi lebih banyak," ujar Anies.
 
Anies Minta Ketua RW Verifikasi Data Penerima Bansos
 
Baca: Anies Diminta Segera Perbaiki Data Penerima Bansos
 
Sementara itu, Pemprov mendata ada 1,19 juta kepala keluarga (KK) penerima bansos. Hal itu termuat dalam Keputusan Gubernur Nomor 386 Tahun 2020 tentang Penerima Bansos bagi Penduduk yang Rentan Terdampak Covid-19 dalam Pemenuhan Kebutuhan Pokok Selama Pelaksanaan PSBB di Provinsi DKI Jakarta.
 
Kepgub mengatur bansos yang diberikan Pemprov DKI senilai Rp149.500 per paket. Isi paket sembako yang diberikan berupa satu karung beras lima kilogram, dua kaleng sarden kecil, satu bungkus minyak goreng 0,9 liter, dua bungkus biskuit, dua masker kain, dan dua sabun mandi batang, tanpa uang tunai.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif