Ilustrasi Formula E/AFP/David Dee Delgado
Ilustrasi Formula E/AFP/David Dee Delgado

Pengembalian Commitment Fee Formula E Mendesak

Nasional Formula E virus corona
Cindy • 16 Mei 2020 19:32
Jakarta: Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Jupiter menyebut penarikan uang komitmen Formula E mendesak dilakukan. Sebab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan dana menanggulangi penyebaran virus korona (covid-19).
 
"Tidak ada alasan bagi Pemrov DKI untuk tidak bisa membatalkan kontrak dengan pengembalian uang komitmen Formula E," kata Jupiter kepada Medcom.id, Sabtu, 16 Mei 2020.
 
Baca:DPRD DKI Minta Commitment Fee Formula E Dikembalikan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kas keuangan daerah Jakarta dalam kondisi memprihatikan. Sebab penurunan pendapatan daerah mencapai 53 persen akibat pandemi covid-19.
 
Pandemi Covid-19, kata dia, adalah kejadian force majeure yang dialami seluruh dunia. Tak mungkin dalam keadaan seperti ini, kegiatan Formula E masih dilaksanakan.
 
"Bahkan tempat paling suci di Makkah, Arab Saudi pun ditutup sementara untuk tidak adanya kegiatan ibadah," sambung Anggota Fraksi NasDem itu.
 
Dia menuturkan uang komitmen Formula E itu seharusnya dapat dialokasikan untuk menangani virus korona dan membantu warga terdampak. Jupiter khawatir bila Pemprov DKI tidak segera mengurus hal tersebut, maka dapat merugikan ekonomi Ibu Kota pun menyengsarakan rakyat.
 
"Saya masih menunggu keseriusan dari PT Jakarta Propertindo. Tolong kembalikan uang rakyat, kasihan rakyat sekarang menjerit, menangis dan kelaparan," pungkas Jupiter.
 
Pemprov DKI Jakarta harus membayar commitment fee Formula E dengan total Rp1,2 triliun untuk penyelenggaraan selama lima tahun. Biaya komitmen yang telah dibayarkan sebesar Rp560 miliar.
 
Rinciannya, Rp360 miliar pada Desember 2019 untukcommitment feeFormula E Tahun 2020 dan Rp200 miliar untuk commitment fee Formula E Tahun 2021.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif