Bansos dari Pemprov DKI Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Bansos dari Pemprov DKI Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Bansos DKI Diadukan ke KPK, Ahmad Riza Klaim Penyaluran Taat Aturan

Nasional kpk dki jakarta bansos
Theofilus Ifan Sucipto • 10 November 2020 12:08
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengeklaim penyaluran bantuan sosial (bansos) di Ibu Kota sudah sesuai aturan. Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tetap menelaah laporan soal bansosyang masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
“Seluruh prosedur dan proses bansos di DKI sudah memenuhi syarat dan ketentuan," kata Riza di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Selatan, Selasa, 10 November 2020.
 
Menurut dia, Pemprov DKI tengah membahas laporan dari KPK, maupun yang masuk ke kejaksaan dan kepolisian. Aduan publik dipastikan ditangani Pemprov.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPK Terima 1.550 Aduan Masyarakat Terkait Penyaluran Bansos
 
Riza menjamin proses dan administrasi bansos tidak menyeleweng dari hukum. Pasalnya, bansos menjawab kebutuhan warga DKI di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
“Juga menjaga kualitas sembako, tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat guna,” tutur politikus Partai Gerindra itu.
 
KPK melalui aplikasi Jaga Bansos menerima 1.550 laporan masyarakat terkait masalah penyaluran bantuan sosial. Aduan tingkat provinsi terbanyak berasal dari DKI Jakarta dengan 69 laporan, Jawa Barat 33 laporan, dan Jawa Timur 12 Laporan.
 
Keluhan terbanyak tingkat kabupaten atau kota berasal dari Kota Surabaya dengan 73 laporan, Kabupaten Bogor 47 laporan, dan Kabupaten Tangerang 41 keluhan. Masalah yang banyak diadukan, yakni tidak menerima bantuan padahal sudah mendaftar yang mencapai 692 laporan.
 
Selain itu, ada warga mengeluh jumlah bantuan yang diterima tidak sesuai, bantuan tidak dibagikan aparat, hingga bantuan berkualitas buruk. Ada juga kasus warga mendapat bantuan lebih dari satu, penerima fiktif, serta penerima yang tak seharusnya mendapat bantuan.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif