Penerapan ganjil genap di Jalan Sudirman/MI/Galih Pradipta
Penerapan ganjil genap di Jalan Sudirman/MI/Galih Pradipta

Rute Ganjil Genap Tak Berubah

Nasional sistem ganjil genap
Muhammad Al Hasan • 01 Januari 2019 19:16
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan aturan ganjil genap akan tetap diberlakukan. Rute yang diberlakukan untuk sistem tersebut juga tidak berubah.

"Sama semuanya, enggak ada perubahan dari sisi rutenya," kata Anies di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Januari 2019.

Perpanjangan aturan ganjil genap akan diimplementasikan mulai besok, Rabu, 2 Januari 2019. Pemprov DKI juga akan memasang rambu di beberapa titik untuk membantu masyarakat lebih mewaspadai dan mematuhi aturan ganjil genap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Konsekuensinya kita akan memasang rambu-rambu yang sifatnya permanen di ruas-ruas jalan, yang di situ ada ketentuan ganjil-genap. Mengapa rambu dipasang, karena di lapangan seringkali petugas kita berhadapan dengan pengendara yang berdebat," kata Anies. Anies mengingatkan, kebijakan ganjil genap merupakan kebijakan tengah. Artinya kebijakan ini hanya kebijakan sementara yang mengantarkan pada tujuan akhir kebijakan adalah mendorong warga untuk lebih banyak menggunakan kendaraan umum.

"Kebijakan ganjil genap ini bukan untuk menyelesaikan masalah transportasi dan kemacetan di Ibu Kota karena kebijakan sedang kita laksanakan adalah memperbanyak warga menggunakan kendaraan umum, itulah kebijakan kita. Jadi, ini kebijakan tengah," kata dia.

Baca: Harus Ada Kebijakan Baru Gantikan Ganjil-Genap

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap, sistem tersebut akan diberlakukan pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB dan tidak diberlakukan pada hari libur. Adapun jalur yang menerapkan aturan tersebut antara lain; Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Gatot Subroto. 

Kemudian, sebagian Jalan Jenderal S Parman (Simpang Slipi-Simpang Tomang), Jalan MT Haryono, dan Jalan HR Rasuna Said. Terakhir, Jalan Jenderal DI Panjaitan dan Jalan Jenderal Ahmad Yani.


(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi