Polisi menunjukan barang bukti. Foto: Medcom.id/Yurike budiman
Polisi menunjukan barang bukti. Foto: Medcom.id/Yurike budiman

Buruh Bangunan Keroyok dan Bunuh Kawan Sendiri

Nasional pembunuhan
Yurike Budiman • 09 Oktober 2019 02:00
Jakarta: Empat buruh bangunan tega menghabisi nyawa kawannya sendiri lantaran pesanan sepaket sabu tak kunjung datang. Polres Metro Jakarta Utara dan Polsek Koja menangkap pelaku tindak pidana pembunuhan dan pengeroyokan terhadap korban Lukman.
 
Berawal dari tersangka TG (23) dan JP (27) melakukan rencana untuk membeli sepaket sabu dengan harga Rp100 ribu. Mereka pun mengajak korban Lukman untuk patungan dan menyuruh korban untuk membeli sabu dengan membawa uang patungan tersebut.
 
Setelah beberapa hari, sabu yang dipesan tak kunjung dibeli oleh korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian uang tidak dikembalikan kepada pelaku yang lainnya. Pada 4 Oktober, akhirnya korban diajak minum oleh pelaku TG dan JP di Rawa Badak. Ditanyakan soal pesanan sabu ternyata tidak ada," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Wirdanto Hadiwicaksono, di Polsek Koja, Jakarta Utara, Selasa, 8 Oktober 2019.
 
Mendengar jawaban korban, pelaku emosi dan mengeroyok korban dengan mengajak dua pelaku lain.
 
"Mereka melakukan pengeroyokan, ada yang memukul dengan balok, memukul dengan konblok dan ada yang menyayat pakai pisau kemudian menginjak-injak dengan kaki," kata Wirdanto.
 
Mengetahui korban sudah tak bernyawa, pelaku pun melarikan diri. Adapun barang bukti yang disita dari para pelaku yaitu balok, konblok untuk memukul kepala korban dan balok yang digunakan untuk menyayat jari korban serta pakaian korban.
 
Atas penganiayaan dan pembunuhan tersebut, para pelaku disangkakan pasal 338 KUHP Sub Pasal 170 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif