Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Reklamasi. MI/Nicky Aulia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Reklamasi. MI/Nicky Aulia.

PSI: Anies Gubernur Rasa Wali Kota

Nasional pemprov dki
Sri Yanti Nainggolan • 16 Oktober 2019 13:28
Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan catatan penting dalam dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pencapaian Anies disebut belum mencapai level gubernur.
 
"Ini bukan pencapaian untuk lingkup tingkat gubernur. Ini tidak beda dengan lingkup kerja wali kota," kata juru bicara Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PSI DKI Rian Ernest di Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Ernest menyoroti program rumah DP Rp0. Ernest mengatakan hanya 1.790 warga yang berhasil menempati rumah dari program itu. Pada 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 5 juta warga DKI Jakarta tak memiliki rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ernest mengatakan harga rumah DP Rp0 juga tak terjangkau bagi warga kalangan menengah ke bawah. Warga yang ingin mengambil rumah program itu harus berpenghasilan sekitar Rp4 juta hingga Rp7 juta.
 
PSI juga meyoroti janji kampanye Anies terkait lapangan kerja. Anies berjanji menyerap sekitar 40 ribu tenaga kerja per tahun. Menurut janji itu, Anies seharusnya telah menyerap 80 ribu tenaga kerja selama kepemimpinannya.
 
"Namun, kita tidak dapat cek sejauh mana janji tersebut terpenuhi. Tidak ada kejelasan maupun angka yang transparan bagaimana progres yang dicapai Anies untuk hal ini," tambah dia.
 
Ernest berharap Anies bisa bekerja lebih maksimal. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu diminta memanfaatkan anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).
 
"Seharusnya dengan jumlah staf pembantu sebanyak itu dapat menunjang kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang kita lihat sekarang," tutup dia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif