Ilustrasi pencegahan polusi udara - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Ilustrasi pencegahan polusi udara - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Pemprov DKI Disebut Tak Transparan Soal Polusi Udara

Nasional polusi udara
Ilham Pratama Putra • 04 Juli 2019 16:53
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai tak transparan menampilkan buruknya kualitas udara. Masyarakat tidak mendapat data yang jelas soal terjadinya penurunan kualitas udara.
 
"Kita kan selalu berdebat nih sumbernya apa? Sumbernya transportasi? Sumbernya industri? Tapi lagi-lagi datanya tidak pernah ada," kata kuasa hukum Tim Advokasi Ibu Kota, Bondan Andriyanu, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Bondan menyebut data itu dibutuhkan agar pemerintah dapat menanggulangi buruknya udara dengan cepat dan tepat. Pemerintah diminta untuk mengkaji kualitas udara Jakarta untuk mengambil kebijakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang diharapkan harus ada kebijakan yang diambil merefer pada sumbernya tadi. Harusnya ada datanya, lalu dilakukan kajian berkala tiap tahunnya. Lalu dibuat kebijakannya apa sehingga target itu terukur," sambung dia.
 
(Baca juga:Kualitas Udara Buruk Warga DKI Gugat Anies)
 
Dia prihatin alat pemantau udara di Jakarta minim. Menurutnya, lima stasiun pemantau saat ini masih kurang.
 
"Artinya untuk mengumumkan kualitas udara Jakarta tidak sehat itu belum mewakili seluruh Jakarta. Harusnya dikeluarkan dulu hasil stasiun pantaunya, diumumkan kepada masyarakat bahwa ini sedang tidak sehat. Lakukan upaya pencegahan agar masyarakat terlindungi dari polutan," ujar Bondan.
 
Gubernur Anies Baswedan mengatakan tingkat kemacetan di kota Jakarta turun sebanyak 8% di tahun 2018. Namun, hal tersebut ternyata tidak memperbaiki kualitas udara di ibu kota. Malah, data alat pantau Kedutaan Besar AS di tahun 2018 menunjukkan jumlah hari tidak sehat meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2017.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif