Salah satu spanduk program wajib belajar di RW04 Kelurahan Pancoran. MTVN/Whisnu Mardiansyah.
Salah satu spanduk program wajib belajar di RW04 Kelurahan Pancoran. MTVN/Whisnu Mardiansyah.

Berlakukan Wajib Belajar, Orangtua Lebih Dekat dengan Anak

Nasional pelajar
Whisnu Mardiansyah • 17 Agustus 2016 05:50
medcom.id, Jakarta: Program wajib belajar malam yang diterapkan di RW 04, Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, disyukuri para orangtua di kawasan tersebut. Orangtua punya lebih banyak waktu berinteraksi dengan anak mereka.
 
Menurut salah seorang warga Siti Maimunah, 43, sebelum program wajib belajar malam diterapkan, sangat sedikit waktu yang dimiliki untuk menemani anaknya belajar. Karena, anaknya yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.
 
"Pagi berangkat sekolah, pulang sekolah main sama temen-temennya. Kadang pulang sampai malam," kata Maimunah kepada Metrotvnews.com, Selasa (16/8/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedektan berinteraksi ini sudah lama tak ditemukan Maimunah. Kini, anaknya tak lagi bisa bermain di luar rumah sampai larut.
 
"Jika menjelang maghrib, saya langsung matikan TV. Saya temani dia belajar, sampai jam 21.00 WIB, semoga bisa setiap hari kedekatan begini," kata Maimunah.
 
Selain mendekatkan sang anak dengan orangtua, program wajib belajar malam pun menambah kegiatan-kegiatan positif warga RW 04. Selain belajar di rumah, anak-anak diarahkan ke kegiatan keagamaan seperti mengaji.
 
"Jadi wajib belajar malam ini tidak harus di dalam rumah, mereka (anak-anak) bisa mengaji atau berkumpul untuk kegiatan pemuda. Kalo cuma nongkrong-nongkrong kami langsung tegur," kata Dedi Kusnandi Wakil RW 04 kepada Metrotvnews.com.
 
Kegiatan ini telah dilakukan sejak 4 Agustus. Aturan ini mewajibkan anak usia sekolah berada di rumah untuk belajar antara pukul 18.00-21.00 WIB. Tak hanya anak, orangtua mereka juga dilarang menyalakan televisi pada jam itu.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif