Ilustrasi sawah. MI/Immanuel Antoniu
Ilustrasi sawah. MI/Immanuel Antoniu

Wagub DKI Berharap Jakarta Berkontribusi di Sektor Pertanian

Theofilus Ifan Sucipto • 15 Juli 2020 13:22
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap Jakarta bisa berkontribusi di sektor pertanian. Ketahanan pangan di Ibu Kota semakin penting lantaran urbanisasi masif terjadi.
 
“Mudah-mudahan bangsa kita bisa melakukan swasembada pangan. Jakarta bisa ikut kontribusi sekalipun tidak banyak,” kata Riza saat meninjau petani di Sawah Abadi, Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Riza menyebut Sawah Abadi khusus menghasilkan benih padi. Lahan tersebut menghasilkan 47 ton benih padi setiap tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Produksi tersebut diharapkan menunjang kebutuhan benih padi sawah di Jakarta. Apalagi, setiap tahun banyak masyarakat yang melakukan urbanisasi ke Ibu Kota.
 
“Sawah abadi tidak akan berubah peruntukan maupun fungsinya,” kata Riza.
 
Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan Provinsi DKI Jakarta, sawah di Jakarta tersisa 414 hektare (ha). Sebagian besar lahan tersebut dikelola warga yang tergabung dalam 15 kelompok tani.
 
Sebaran sawah di Jakarta yakni, 341 ha di Jakarta Utara, 45 ha di Jakarta Barat, dan 28 ha di Jakarta Timur. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya menjaga ketahanan pangan dengan menghasilkan benih padi secara mandiri dan membina petani.
 
“Kita juga memberi perhatian pada masyarakat pertanian yang tiap hari hidup bekerja menanam padi,” ujar politikus Partai Gerindra itu.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif