NEWSTICKER
Bus listrik TransJakarta. Foto: Medcom.id/Cindy
Bus listrik TransJakarta. Foto: Medcom.id/Cindy

20 Bus Listrik TransJakarta Diluncurkan Saat Formula E

Nasional transjakarta bus listrik Formula E
Siti Yona Hukmana • 15 Februari 2020 19:53
Jakarta: TransJakarta akan menghadirkan bus listrik saat ajang Formula E diselenggarakan pada 6 Juni 2020. Rencana ini sebagai bentuk dukungan ke program ramah lingkungan yang sedang dipropaganda DKI Jakarta.
 
"Jumlahnya, ada 20 bus TransJakarta listrik yang di-launching (diluncurkan) nanti waktu event," kata Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto di Pizza Kayu Api, The Maj Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Sebanyak 20 bus TransJakarta listrik itu bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai moda transportasi. Apalagi, semua pembelian bus PT TransJakarta harus bertenaga listrik mulai 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu, program pada 2028 nanti, semua bus Trans Jakarta itu listrik," ujar Dwi.
 
20 Bus Listrik TransJakarta Diluncurkan Saat Formula E
TransJakarta menargetkan seluruh bus sudah bertenaga listrik pada 2028. Foto: MI/Andri Widiyanto

 
Menurut dia, Indonesia harus mendukung program dunia untuk menuju pemanfaatan teknologi ramah lingkungan. Salah satunya lewat penggunaan mobil listrik. Apalagi, Indonesia memiliki penduduk terbesar keempat.
 
"Jadi, mengurangi emisi itu merupakan suatu keniscayaan dan itu sudah dilakukan juga beberapa hal di Pemprov DKI ini antara lain melalui program langit birunya," ungkap Dwi.
 
Dwi menilai kehadiran Formula E di Jakarta bisa dijadikan sebagai ajang mengampanyekan kendaraan atau transportasi listrik. Cara ini akan menarik minat masyarakat menggunakan mobil listrik yang ramah lingkungan.
 
"Apalagi Pemprov DKI sudah banyak inisiatif yang akan dilakukan. Contoh, kemudahan bea balik nama untuk mobil listrik. Itu jauh sekali harganya, kalau tidak diringankan mahal sekali bisa mencapai Rp400 juta," pungkas dia.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif