Ilustrasi tempat tinggal sementara Kampung Aquarium, Jakarta Utara. Medcom.id/Ilham Wibowo.
Ilustrasi tempat tinggal sementara Kampung Aquarium, Jakarta Utara. Medcom.id/Ilham Wibowo.

Warga Kampung Akuarium Ingin Terlibat Pembangunan Rusun

Nasional rusun
Kautsar Widya Prabowo • 10 Oktober 2019 11:57
Jakarta: Warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara minta dilibatkan dalam pembangunan rumah susun pada 2020. Saat ini warga setempat masih mendiami tempat tinggal sementara yang terbuat dari triplek, pascapenggusuran pada 2015.
 
Koordinator wilayah Kampung Akuarium Dharma Yani mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sering berkoordinasi dengan warga setempat terkait perkembangan pembangunan. Pembangunan saat ini dalam tahap pelelangan pada detail engineering desain (DED).
 
"Diinformasikan oleh Dinas Perumahan sedang ada lelang, dan itu belum ada pemenangnya. Diharapkan akhir Oktober sudah ada pemenangnya," ujar Yani kepada Medcom.id di Kampung Akuarium, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yani ingin masyarakat setempat dilibatkan dalam proses pembangunan setelah proses lelang. Ia sadar masyarakat tak bisa ikut campur dalam tahap lelang.
 
"Segala sesuatu itu harus melibatkan warga, harus diberitahukan kepada warga, jadi tentang ada perubahan kah, itu semua berdasarkan musyawarah warga, bukan hanya memutuskan sepihak saja," jelasnya.
 
Kampung Akuarium menarik perhatian publik setelah digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada 2015. Pemprov DKI berencana membangun sheetpile di kawasan itu untuk mencegah air laut.
 
Kampung ini kembali mendapat perhatian pada masa kepemimpinan Anies Baswedan. Mantan Mendikbud itu berjanji membangun kembali kampung itu. Sembari menunggu, warga tinggal di hunian sementara.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif