Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Siasat DKI Meladeni Banjir

Nasional banjir jakarta
Theofilus Ifan Sucipto • 04 November 2019 19:22
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) DKI Jakarta mengantisipasi banjir jelang musim hujan. Sejumlah langkah dipersiapkan untuk menghadapi meluapnya air.
 
"Kita melakukan pengerukan ke waduk, sungai, dan saluran-saluran di lingkungan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Juaini Yusuf di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.
 
Juaini menambahkan bentuk antisipasi lain adalah mengecek pompa mobil. Selain itu Dinas SDA mengerahkan satuan tugas (satgas) yang bersiaga 24 jam di musim hujan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Antisipasi banjir sudah dari Bulan Juli," ujar Juaini.
 
Kendati begitu, Junaini mengaku hanya bisa menyiapkan yang terbaik untuk mencegah banjir. Dia menyebut alam tidak bisa dilawan.
 
"Yang jelas hujan seperti apa kita siap melayani masyarakat," tegas dia.
 
Selain Dinas SDA, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI turut bersiaga. DLH DKI menyiapkan empat ribu personel, penyiagaan alat berat, dan kendaraan pengangkut sampah.
 
"Semuanya kalau sedang musim penghujan kapan pun diminta sudah siap," kata Ketua UPK Badan Air DLH Yayat Supriantna, Sabtu, 2 November 2019.
 
Para personel DLH bertugas memantau pintu air dan mengangkut sampah. Mereka juga membuat piket siaga musim penghujan.
 
Pemantauan diatur tiga lapis. Pertama, memonitor ketinggian air di Bendungan Katulampa, Bogor, lalu pemantauan di titik nol Sungai Ciliwung, Jakarta, dan tiap pintu air yang ada di Jakarta, khususnya Pintu Air (PA) Manggarai.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif