Anies Bakal Gusur Permukiman di Kalisari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membongkar sejumlah rumah di Kalisari, Jakarta Timur. Pasalnya, rumah-rumah tersebut berdiri di lahan hijau dan rawan longsor.
 
Selain itu, hampir seluruh rumah di sana tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Sebelum membongkar, Anies akan mengaudit status kepemilikan lahan.
 
"Bisa dipastikan semuanya tidak punya IMB. Jadi kita akan tunggu laporan dari pak lurah, sesudah itu kita lakukan penertiban," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 27 November 2018.
 
Anies menuturkan, penertiban ini untuk menyelamatkan warga sekitar. Sebab, lahan di kawasan itu rawan longsor saat hujan turun.
 
"Warga yang tinggal di situ tahu persis kalau tetap tinggal di sana risiko longsor seperti kejadian kemarin. Karena itu posisinya seperti di tebing," ungkapnya.

Baca: Korban Longsor di Jaktim Bangun Rumah di Lahan Hijau

Selama proses audit kepemilikan lahan, Pemprov DKI akan memperbaiki turap di sekitar Kalisari. Dia memastikan perbaikan turap tak lebih dari satu bulan.
 
Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Jakarta kemarin membuat sebidang tanah di Kalisari longsor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.45 WIB.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id