Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama beserta ratusan jajarannya membersihkan sampah banjir di Jalan Pondok Karya, Pela Mampang. Foto: Medcom.id/Jufriansyah.
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama beserta ratusan jajarannya membersihkan sampah banjir di Jalan Pondok Karya, Pela Mampang. Foto: Medcom.id/Jufriansyah.

300 Personel Polres Metro Jaksel Bantu Korban Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Jufriansyah • 04 Januari 2020 13:03
Jakarta: Pascabanjir yang menggenangi Jakarta, 300 personel Polres Metro Jakarta Selatan membantu proses pembersihan lumpur di rumah warga yang terdampak banjir. Selain membantu membersihkan sisa-sisa banjir, Polres Metro Jaksel juga memberikan bantuan berupa makanan dan minuman.
 
Bakti sosial itu menyasar pemukiman warga di Jalan Pondok Karya, Pela Mampang, Jakarta Selatan. Di kawasan ini banjir sempat menggenangi rumah warga hingga lebih dari dua meter.
 
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama mengatakan banjir di kawasan Jakarta Selatan sudah berangsur surut. Namun masih ada beberapa titik yang masih tergenang banjir seperti di kawasan Pengadegan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara umum wilayah DKI Jakarta air sudah surut, dan warga sudah mulai membersihkan rumah-rumahnya dibantu juga polsek untuk pembersihannya," kata Bastoni di Pondok Karya, Pela Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu, 4 Januari 2020.
 
Menurut Bastoni, masih ada sebagian warga yang masih berada di pengungsian. Ini lantaran dampak banjir seperti sampah yang menggunung serta lumpur tebal di beberapa titik belum dibersihkan.
 
"Sebagian warga masih di pengungsian karena sambil menunggu rumahnya bersih, anak-anak di penampungan kalau rumahnya benar-benar bersih baru mereka pulang," ungkap Bastoni.
 
Guna mengantisipasi banjir, ia mengimbau semua elemen masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena, akan menyebabkan penyumbatan saluran air.
 
"Ketika air meluap itu ada yang mengingatkan warga dan sekitarnya melalui loudspeaker masjid sehingga warga yang tidur bisa siap mengungsi dan barang-barang berharga seperti perhiasan dan dokumen bisa diselamatkan," pungkas Bastoni.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif