Kadishub DKI Jakarta Syafrin. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id
Kadishub DKI Jakarta Syafrin. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id

DKI Ingin Giatkan Warga Bersepeda

Nasional transportasi
Kautsar Widya Prabowo • 17 September 2019 11:26
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengalihkan moda transportasi masyarakat ke sepeda. Salah satu caranya yakni dengan menyediakan jalur sepeda yang aman.
 
Kadishub DKI Jakarta Syafrin mengatakan jalur sepeda tersebut akan diresmikan pada Jumat, 20 September 2019. Jalur tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memastikan keamanan pengguna sepeda.
 
"Ada marka, cone, (jadi) aman," kata Syafrin di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 17 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya akan menggunakan sepeda ke kantor pada Jumat nanti. Langkah ini sekaligus untuk menyosialisasikan keberadaan jalur sepeda kepada masyarakat.
 
"(Jumat) kita ramai-ramai gowes, ada Pak Gubernur (Anies Baswedan)," ujar Syafrin.
 
Namun, dia belum mau mengungkapkan lokasi-lokasi jalur sepeda ini. Anies akan mengumumkan detailnya pada Kamis, 19 September 2019.
 
Anies sebelumnya gencar mendorong warga menggunakan transportasi umum maupun ramah lingkungan saat beraktivitas. Anies mendorong warga bersepeda.
 
"Kita harus mendorong warga lebih banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi," kata Anies di Jakarta, Minggu, 15 September 2019.
 
Anies menyebut bersepeda bukan sekadar olahraga. Bersepeda bisa dilakukan di luar waktu senggang.
 
"Tapi kalau sepeda sebagai alat transportasi, maka kita gunakan sepeda untuk jarak-jarak yang mudah (dijangkau). Seperti di lingkungan rumah, di lingkungan kantor," tutur Anies.
 
Seruan ini bakal didukung dengan tersedianya jalur khusus sepeda di terminal-terminal ibu kota. Salah satunya di terminal Senen.
 
Jalur sepeda dibuat dengan panjang 200 meter, mulai dari pintu masuk terminal sampai pintu keluar terminal. Lokasi parkir sepeda berada di depan lobi kantor pengelola terminal dan dijaga petugas keamanan.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif