Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

Pemprov DKI Diminta Kebut Pembebasan Lahan

Nasional dki jakarta pemprov dki apbd dprd dki
Putri Anisa Yuliani • 31 Oktober 2020 15:58
Jakarta: Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Perubahan 2020 segera disahkan. Rencananya anggaran memiliki pagu Rp63,23 triliun. DPRD minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI fokus pada pembebasan lahan.
 
"Kalau pengadaan dengan tender kan enggak bisa. Banyak program-program yang sifatnya harus tender atau e-catalogue itu enggak bisa kalau waktunya singkat begini. Hanya pembebasan tanah itupun yang memang sudah pasti bisa, tinggal bayar sifatnya," kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono kepada Media Indonesia, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Menurut dia, hanya tersisa dua bulan sebelum tutup tahun. Hanya pembebasan lahan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembebasan lahan yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan pengendalian banjir. Sesuai dengan salah satu fokus APBD Perubahan 2020 untuk pengendalian banjir.
 
Baca:DPRD DKI Gelar Rapat Paripurna APBD Perubahan 2020 pada Selasa Depan
 
"Kita memprioritaskan penanganan banjir. Itu dulu deh yang dikerjakan. Yang lainnya kita alihan ke tahun depan," kata dia.
 
Mujiyono menjelaskan, awalnya APBD 2020 DKI Jakarta adalah Rp87 triliun. Namun, karena pandemi covid-19 Pemprov DKI melakukan realokasi (refocusing) anggaran sehingga jumlahnya pun menyusut menjadi Rp51 triliun.
 
"Kemudian karena ada proyeksi kenaikan pendapatan di masa PSBB Transisi, APBD berubah lagi menjadi Rp60 triliun," jelas Mujiyono.
 
Mulanya, Pemprov DKI mengajukan pagu APBD Perubahan 2020 sebesar Rp64 triliun. Tetapi karena ada defisit, pada pembahasan Badan Anggaran, pagunya ditetapkan menjadi Rp 63,23 triliun.
 
Pagu ini sudah termasuk dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Daerah (PEN) dari pemerintah pusat sebesar Rp3,5 triliun.
 
"Itu juga sudah termasuk dengan dana cadangan daerah Rp1,4 triliun. Dana cadangan ini memang harus kita pakai karena kita sangat membutuhkan," kata politikus Partai Demokrat itu.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif