Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Anies Ingin Camat dan Lurah Punya Alat Pengukur Curah Hujan

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Antara • 22 Oktober 2020 21:04
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin para camat dan lurah memiliki alat ukur untuk mengetahui volume air hujan yang turun atau ombrometer. Alat ini diperlukan untuk peringatan dini banjir.
 
"Alat ukur itu dapat menjadi tolok ukur volume air hujan yang berintensitas tinggi. Supaya tahu betul volume air hujan yang turun sehingga bisa memprediksi," kata Anies di Kantor Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Menurut dia, curah hujan di atas 150 milimeter (mm) sudah sangat lebat. Dia ingin ambang batas hujan ini dipahami seluruh jajaran. Di wilayah Jakarta Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama menjadi salah satu yang telah memasang ombrometer di setiap kelurahannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara teknis, alat ukur curah hujan ini bekerja apabila hujan turun. Air hujan akan mengisi bejana yang terdapat dalam ombrometer. Satuan yang digunakan ialah milimeter dengan ketelitian pembacaan sampai 0,1 mm.
 
Upaya ini, kata Anies, menjadi langkah konkret bagi para lurah dan camat untuk mendalami permasalahan yang terjadi di wilayahnya masing-masing, terutama soal banjir. Volume air hujan yang turun perlu diketahui.
 
"Air hujan yang bisa ditampung di drainase kita itu 150 mm, kalau di atas 150 mm maka banjir," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Baca: Antisipasi Banjir ala DKI: Turunkan Ekskavator Hingga Pasukan Pelangi
 
Dia menganalogikan daya tampung saluran air dengan segelas air yang memiliki daya tampung 200 mm. Kalau terus dituangkan hingga satu liter, isi air dalam gelas akan tumpah keluar. Banjir pun terjadi karena air yang masuk ke saluran melebihi daya tampung.
 
"Karenanya, aparat kelurahan dan kecamatan dapat mengetahui betul volume air hujan yang turun sehingga bisa memprediksi apakah akan terjadi banjir atau atau tidak," jelas Anies.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif