Gubernur DKI Jakarta Anies BaswedanMedcom.id/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Anies BaswedanMedcom.id/Nur Azizah

PSI Gulirkan Interpelasi untuk Anies Akibat Kerumunan Rizieq

Nasional dki jakarta Virus Korona Anies Baswedan protokol kesehatan
Theofilus Ifan Sucipto • 17 November 2020 08:44
Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta bakal menggulirkan hak interpelasi untuk meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kerumunan akibat acara Rizieq Shihab. Anies dinilai lalai mengawasi acara yang digelar Rizieq dan berpotensi menjadi pusat penyebaran covid-19.
 
“Kami perlu tekankan bahwa pemanggilan ini bukan urusan politik. Namun, (interpelasi) tentang penegakan protokol kesehatan yang menyangkut nyawa ribuan warga Jakarta,” kata anggota Fraksi PSI DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 November 2020.
 
Anggara menyayangkan kerumunan tetap terjadi kendati wacana itu telah diketahui jauh-jauh hari. Pemanggilan Anies juga untuk meminta penjelasan terkait penegakan aturan yang tidak tegas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemprov DKI Bantah Lembek Menghadapi Rizieq Shihab
 
Menurut Anggara, Anies melanggar Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Covid-19 yang disusun demi mencegah memburuknya dampak pandemi di Jakarta. Anies juga disebut menyimpang dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.
 
“Tindakan Pak Gubernur ini bisa dikategorikan telah membahayakan nyawa ribuan warga Jakarta,” tegas Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI itu.
 
Acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Rizieq, Sabtu, 14 November 2020, ramai didatangi orang. Banyak jemaah yang berkerumun dan tidak menjaga jarak.
 
Sejumlah peserta kedapatan tidak memakai masker. Sebagian peserta juga mengenakan masker tidak sesuai ketentuan, seperti dipakai di bawah dagu.
 
Baca: Inkonsistensi Penegakan Protokol Kesehatan Picu Apatisme Publik
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif