Menkopolhukam Wiranto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Menkopolhukam Wiranto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Jakarta Raih Predikat Paling Demokratis

Nasional pemprov dki
Muhammad Al Hasan • 13 Desember 2018 12:24
Jakarta: Provinsi DKI Jakarta meraih peringkat satu dalam survei Indeks Demokrasi Indonesia 2017 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Selain DKI tiga provinsi lainnya sesuai urutan peringkat yakni DIY Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kepulauan Bangka Belitung turut mendapat penghargaan.
 
Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto kepada masing-masing kepala daerah setingkat gubernur atau yang mewakilinya. Untuk DKI Jakarta, penghargaan diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peluncuran buku Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2017 dan Pemberian Penghargaan IDI di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat, Kamis 13 Desember 2018.
 
Kepala Bada Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suharyanto mengatakan keempat provinsi tersebut mendapat penghargaan karena nilai demokrasi berdasarkan surveinya mencapai angka 80 atau bernilai baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penilaian berdasarkan tiga aspek, 11 variabel, dan 28 indikator. Dan di keempat daerah ini kebebasan sipil mengalami peningkatan, juga faktor kebebasan berkeyakinan dan bebas dari diskriminasi," kata Kecuk.
 
Baca: Anies Geram Jakarta Disebut Kota Intoleran
 
Untuk daerah lainnya, menurut Kecuk, tidak ada yang mendapatkan angka yang buruk. Sebanyak 30 daerah lainnya mendapatkan nilai sedang karena angka survei demokrasi tidak di bawah angka 60.
 
Sementara itu, Wiranto, dalam pidatonya, menyebut pengalaman di pemerintahan Indonesia bisa memberikan gambaran bahwa adanya perbaikan kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Menurut Wiranto, demokrasi yang ada kini sudah baik dan stabil tinggal bagaimana bersama menjaga dan merawatnya.
 
"Kita bersyukur Indonesia di peringkat sembilan negara teraman di dunia. Indonesia juga menduduki peringkat pertama kepercayaan publik. Tinggal bagaimana kita merawat ini," ujar Wiranto.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif