Wakil Gubernur DKI Jakarta/Ahmad Riza Patria/Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan.
Wakil Gubernur DKI Jakarta/Ahmad Riza Patria/Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan.

Wagub DKI Dukung Pengembangan E-Order

Nasional dki jakarta Virus Korona
Antara • 30 Juni 2020 20:29
Jakarta: Pengembangan plaftorm khusus bagi usaha kecil dan menengah (UKM) bertajuk E-Order, diapresiasi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, menyebut pengembangan yang diinisiasi Bank DKI itu sebagai langkah pemulihan ekonomi Ibu Kota dari dampak korona.
 
"Kami sangat mengapresiasi usaha yang baik dari Bank DKI untuk turut serta memperbaiki perekonomian Jakarta dengan E-Order tersebut," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Menurut Riza, pandemi korona sejak Maret 2020 memaksa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan berbagai pembatasan. Kebijakan untuk memutus penyebaran korona itu membebani sektor ekonomi di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Riza mengakui banyak UKM melayangkan permohonan keringanan kredit atau restrukturisasi pada berbagai bank, termasuk Bank DKI. Menurut dia, E-Order merupakan solusi konkret karena menghubungkan pelaku UKM dengan Pemprov DKI.
 
"Harapannya dengan keterlibatan berbagai pihak, mudah-mudahan Jakarta bisa segera pulih dari covid-19 di segala bidang, termasuk perekonomian," kata Riza.
 
Baca:Wagub DKI Minta Perbankan Aktif Pulihkan Perekonomian Jakarta
 
Belanja Pemprov DKI dinilai dapat menjadi peluang yang besar untuk pelaku UKM tersebut. Bank DKI mencatat 50 persen total debitur UKM terdampak korona mengajukan keringanan kredit atau restrukturisasi.
 
E-Order merupakan implementasi dari relaksasi yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menekan kredit bermasalah. Platform itu untuk memfasilitasi sekitar 50 persen UKM yang mengajukan relaksasi dan tidak terhubung ke digital.
 
Adapun berdasarkan laporan publikasi perseroan per Maret 2020, kredit yang disalurkan perseroan adalah sebesar Rp26,47 triliun. Sebanyak 3,16 persen dari total kredit tersebut disalurkan kepada debitur segmen UKM.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif