Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Skenario Antisipasi Kepadatan Lalin Saat Iduladha

Nasional Idul Adha
Siti Yona Hukmana • 30 Juli 2020 08:24
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuat sejumlah skenario lalu lintas jelang dan saat Hari Raya Iduladha. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan jalan raya.
 
"Skenario lalin itu sendiri kita berupaya agar situasi tetap normal," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Skenario pertama, jalur seperti biasa. Skenario kedua, melaksanakan contraflow.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Skenario kedua dilaksanakan kalau misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke timur terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau ada masalah, seperti kecelakanan yang mengakibatkan tertutupnya jalan," kata Sambodo.
 
Jika skenario kedua juga tak mampu mengurai kepadatan, kata Sambodo, pihaknya melaksanakan skenario ketiga. Melakukan pemberlakuan one way atau satu arah.
 
Baca: Masyarakat Diminta Tak Takbir Keliling
 
Sambodo mengatakan pemberlakuan skenario one way terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Korps Lalu Lintas Polri. Sebab, contraflow dan one way menyangkut perbatasan.
 
"Apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor ke Karawang atau Polda Banten kalau ke arah Tangerang, tapi intinya kita siap dan kita juga sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga," ujar Sambodo.
 
Polisi juga akan melaksanakan kebijakan buka tutup di rest area. Skenario ini diterapkan jika antrean pengisian bahan bakar di rest area KM 19 membeludak.
 
"Sehingga menutup arus ke arah timur, tentu kita akan melaksanakan buka tutup, termasuk ada parking bay (tempat parkir) sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalin kita akan melaksanakan buka tutup," ucap Sambodo.
 
Sejumlah skenario itu merupakan upaya polisi untuk melancarkan arus lalu lintas. Agar masyarakat yang akan melaksanakan mudik atau liburan Iduladha tidak terganggu.
 

(JMS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif