Ilustrasi siswa belajar di ruang kelas. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi siswa belajar di ruang kelas. Medcom.id/M Rizal

KPAI Serahkan Nama Siswa Tak Dapat Sekolah ke Disdik DKI

Nasional pendidikan
Ihfa Firdausya • 14 Juli 2020 10:53
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menindaklanjuti pengaduan siswa yang belum dapat sekolah hingga awal Tahun Ajaran 2020/2021. Daftar seratusan siswa yang melanjutkan ke jenjang SMP dan SMA diserahkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta
 
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyebut 106 nama calon siswayang berpotensi putus sekolah akibat masalah ekonomi ini diserahkan Senin, 13 Juli 2020. Sebanyak 34 nama yang baru masuk juga segera diserahkan.
 
“KPAI akan segera menyusulkan data 34 pengadu kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta,” ujar Retno dalam keterangan resmi, Selasa, 14 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPAI telah rapat dengan Disdik DKI untuk mencari solusi untuk ratusan siswa tersebut. Apalagi, 61 dari 106 calon siswa yang telah diserahkan ialah siswa penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP).
 
Retno menyebut seharusnya ini dapat mempermudah Disdik DKI menindaklanjuti laporan. Sebab, data penerima KJP pasti sudah terverifikasi sebagai anak dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
 
KPAI mendorong pemenuhan hak pendidikan seluruh anak yang belum mendapat sekolah. “KPAI juga melengkapi daftar nama calon siswa tersebut dengan nomor kontak dan sekolah swasta yang dituju, pertimbangan utama dekat dengan rumah calon siswa," kata Retno.
 
KPAI mengungkapkan pentingnya Disdik DKI untuk bernegosiasi dengan yayasan sekolah swasta terkait keringanan biaya di luar SPP. Sebab, anak-anak tak boleh putus sekolah karena masalah biaya.
 
"Apalagi di era pandemi covid-19 seperti saat ini, banyak keluarga terdampak secara ekonomi,” ucap Retno.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif