Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Nur Azizah.

Makan 20 Menit, Anies Minta Warga Tak Nongkrong

Nasional DKI Jakarta Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Anies Baswedan Satu Tahun Covid-19
Christian • 27 Juli 2021 22:54
Jakarta: Gubernur DKI Anies Baswedan meminta warga mematuhi aturan makan selama 20 menit di warung makan dan pedagang kaki lima. Mereka tidak boleh nongkrong. 
 
"Ini adalah usaha mencegah terjadinya penularan jadi intinya tidak boleh nongkrong, selesai makan langsung pulang," ucap Anies Baswedan di Jakarta Pusat, Selasa, 27 Juli 2021. 
 
Anies mengaku saat ini banyak pro kontra terkait hal itu di sosial media (sosmed). Menurut dia, seluruh pihak mampu mematuhi aturan makan 20 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insyaallah bisa lah," kata dia.
 
Baca: Diminta Awasi Aturan Makan 20 Menit, Ini Kata Polisi
 
Anies mengatakan penyesuaian dalam aturan PPKM Level 4, termasuk masyarakat diperbolehkan makan di tempat selama 20 menit. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penularan covid-19.
 
"Durasi makan jangan terlalu lama, justru jika ada interaksi yang membuat lama dan durasi makan jadi panjang," kata dia.
 
Anies menjelaskan durasi menyantap makanan biasanya tidak terlalu lama. Faktor yang memperlama durasi ialah interaksi sesama warga.
 
"Ngobrol biasanya yang panjang. Jadi buat saya, bukan soal 10 menit, 20 menit, 30 menit, tapi soal sesedikit mungkin berinteraksi yang berpotensi terhadap penularan," kata Anies.
 
Pemerintah memperpanjang PPKM Level 4 di beberapa wilayah di Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021 untuk menekan laju penularan virus corona. Dalam aturan baru yang tercantum di Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24/2021x, masyarakat diperbolehkan makan di warung makan dan pedagang kaki lima dengan durasi 20 menit.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif