Sistem Ganjil Genap

Pengguna Tol Tangerang-Jakarta Berangkat Lebih Pagi

Hendrik Simorangkir 16 April 2018 09:56 WIB
sistem ganjil genap
Pengguna Tol Tangerang-Jakarta Berangkat Lebih Pagi
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di GT Kunciran II - Medcom.id/Hendrik Simorangkir.
Tangerang: Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyatakan hari pertama uji coba aturan ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta menunjukkan adanya perubahan waktu berkendara. Sebanyak 50 persen pengendara memilih masuk tol lebih awal atau sebelum jam pemberlakuan ganjil genap pukul 06.00 WIB. 

"Sebagian besar memilih waktu berangkat lebih awal, dan itu bagus. Selama ini kendaraan menumpuk di pagi hari jam 06.00 - 09.00 WIB," kata Bambang pada wartawan di Gerbang Tol Kunciran II, Tangerang, Senin 16 April 2018. 

Bambang menuturkan, aturan ganjil genap diberlakukan untuk menekan volume kendaraan yang masuk ke Jakarta. Aturan ini sekaligus untuk mengubah pola berkendara masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal. 


"Jadi kebijakan ini diberlakukan untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat akan berpikir lebih efisien dan lebih nyaman menggunakan angkutan massal," tutur dia. 

Uji coba aturan ganjil genap di Tol Janger, bagi pengemudi yang pelat nomor kendaraannya tak sesuai dengan tanggal berjalan diminta melalui jalan arteri atau rute lain untuk masuk ke dalam tol.

Alternatif jalan bagi pengemudi yang terdampak bisa melalui pintu Tol Karawaci, Jalan Raya Serpong, Jalan Daan Mogot, hingga Jalan Raya Cileduk. 

(Baca juga: Tak Ada Kantong Parkir untuk Ganjil Genap di Tol Tangerang-Jakarta)







(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360