Ilustrasi--Suasana gedung bertingkat terlihat samar oleh selimut kabut dan asap polusi di Jakarta Selatan. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Ilustrasi--Suasana gedung bertingkat terlihat samar oleh selimut kabut dan asap polusi di Jakarta Selatan. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Ingub Anies Tak Efektif Atasi Polusi Udara Jakarta

Nasional polusi udara
Rifaldi Putra irianto • 14 Agustus 2019 14:37
Jakarta: Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi menyebut Pemprov DKI belum mampu mengatasi polusi udara di Ibu Kota. Intruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara pun dinilai belum mampu menekan polusi udara dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
 
"Ingub tersebut belum mampu menekan polusi udara dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dalam artian warga Jakarta dalam jangka pendek masih terpapar polusi udara, " kata Tubagus saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Baca:Tiga Jurus DKI Mengurangi Pencemaran Udara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, ingub tersebut juga tidak menginstruksikan agar memperbanyak alat pemantau kualitas udara. Padahal itu penting sebagai informasi bagi masyarakat.
 
"Belum ada intruksi untuk memperbanyak alat pemantau kualitas udara. Belum ada perintah maupun respons cepat dari pemerintah mengumumkan kepada publik wilayah-wilayah yang terpapar dan upaya apa yang harus dilakukan warga agar tidak terpapar," jelasnya.
 
Ia juga mengkritik ingub tersebut karena tidak memerintahkan penambahan ruang terbuka hijau. Dengan ingub yang masih memiliki kekurangan ini, kata dia, Pemprov DKI harus bekerja sungguh-sungguh untuk menekan polisi udara di Jakarta.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif