Ilustrasi--Bantaran Sungai Ciliwung--MI/Galih Pradipta
Ilustrasi--Bantaran Sungai Ciliwung--MI/Galih Pradipta

Debit Air di Sungai Ciliwung Normal

Nasional banjir jakarta
Octavianus Dwi Sutrisno • 25 Januari 2020 01:04
Depok: Hujan deras mengguyur wilayah Bogor, Depok, hingga Jakarta sejak siang hingga sore, Jumat, 24 Januari 2020. Namun, air hujan tidak berpengaruh terhadap debit sungai Ciliwung, baik di wilayah Katulampa (Bogor), Pos pantau Sungai Ciliwung Depok, dan Pos Pintu Air Manggarai (Jakarta Selatan).
 
Petugas Pos Pantau Depok, Syarif mengatakan hingga sore tadi ketinggian air sungai terpantau masih normal atau sekitar 100 Sentimeter. Ketinggian air sempat mencapai 150 sentimeter pada siang hari.
 
"Menjelang sore hari, ketinggian air kembali normal," ucap Syarif saat ditemui Medcom.id, di Pos pemantau sungai Ciliwung, Jembatan Panus, Kecamatan Pancoran Mas Depok, Jawa Barat, Jumat, 24 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, untuk di Katulampa ketinggian debit air mencapai 10 sentimeter. Atau dengan kata lain, normal. Begitu juga untuk Pos Pantau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan juga dipastikan masih dalam kondisi aman (ketinggian air normal).
 
"Begitu juga dengan, kecepatan atau arus aliran air sampai saat ini normal. Tapi, kami di sini masih terus menunggu kondisi Katulampa, yang bisa saja berubah sewaktu-waktu," tegasnya.
 
Namun, diakui Syarif, banyak sampah yang menutupi aliran air sungai Ciliwung, sehingga cukup menyulitkan laju air. Pihaknya menunggu hingga keadaan air surut untuk dilakukan pembersihan.
 
"Kalau sekarang dibersihkan percuma, kalau tidak terjadi hujan deras pasti banyak sampah seperti kayu besar nyangkut. Nanti dari Dinas Kebersihan diturunkan untuk mengangkutnya, terakhir sih Komunitas Pecinta Ciliwung yang turun membersihkan," terangnya.
 
Sementara itu, Prakiraan cuaca dari Stasiun BMKG Bogor mengatakan secara umum kondisi cuaca di wilayah Jawa Barat masih berawan. Potensi hujan ringan hingga lebat dipastikan terjadi.
 
"Awan hujan yang berpotensi hujan terlihat di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Indramayu, Subang dan Karawang," pungkasnya.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif