Pemprov Bakal Bangun Ribuan Drainase Vertikal di 2019

Nur Azizah 22 November 2018 14:09 WIB
banjir jakarta
Pemprov Bakal Bangun Ribuan Drainase Vertikal di 2019
Banjir di Kali Angke. -- Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal menambah 1.333 drainase vertikal pada 2019. Drainase vertikal itu akan dibangun di permukiman rawan banjir dan area perkantoran.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Ricki Marojahan Mulia menyampaikan, kapasitas 1.333 drainase vertikal dibuat beragam. Mulai dari tiga meter kubik hingga 70 meter kubik.

"Bervariasi, bergantung kebutuhan. Aada tiga meter kubik, kalau banjir 50 meter kubik itu kita bisa bangun 70 meter kubik," kata Ricki saat dihubungi, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.


Dia menyebut drainase vertikal hanya dibangun di empat wilayah DKI Jakarta, yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

"Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara enggak karena muka air tanah sudah tinggi. Jadi kita gali setengah meter sudah ada air," beber dia. 

(Baca juga: Konsep Drainase Vertikal Dianggap bukan Solusi Banjir)

Masih rahasia

Untuk tahun ini, Pemprov DKI Jakarta sebetulnya sudah membuat drainase vertikal. Hanya, Pemprov masih merahasiakan hasil proyek tersebut.

"Kami sampaikan kalau memang sudah ada, sedang kami uji coba. Tapi kami masih menunggu, mohon maaf kami belum bisa sampaikan informasinya," kata Ricki.

Dia juga belum mau menyebut jumlah drainase vertikal yang dibangun tahun ini. Ia menunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan secara langsung.

"Nanti mungkin sesudah uji coba baru kita sampaikan. Lagian kan Pak Gubernur mau sampaikan saat kick off (diresmikan). Jadi janganlah," tutur dia.

Sementara itu, Anies belum mau buka suara sebelum uji coba selesai. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga tak mau membocorkan kapasitas dan titik lokasi drainase vertikal.

Pembangunan drainase vertikal memang akan dimasifkan. Anies ingin air hujan yang turun menyerap ke tanah. Dia bilang dengan begitu banjir tidak akan terjadi. 

(Baca juga: Anies Masifkan Drainase Vertikal untuk Cegah Banjir)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id