Petugas dari dinas Kehutanan pemprov DKI Jakarta melakukan pemasangan tanaman bunga Bougenville diatas intalasi batu Gabion di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Foto: Pius Erlangga/MI
Petugas dari dinas Kehutanan pemprov DKI Jakarta melakukan pemasangan tanaman bunga Bougenville diatas intalasi batu Gabion di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Foto: Pius Erlangga/MI

Anies Heran Instalasi Bronjong Viral

Nasional pemprov dki
Nur Azizah • 22 Agustus 2019 19:05
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan heran instalasi batu bronjong di Bundaran Hotel Indonesia menjadi pembicaraan publik. Dia menilai intalasi tersebut biasa layaknya di taman kota.
 
Instalasi batu bronjong dipilih menggantikan bambu Getih Getah. Instalasi itu menelan anggaran hingga Rp150 juta.
 
"Biasa saja. Itu bagian dari tata taman kota, seperti juga penataan taman-taman yang lain. Normal-normal saja," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies menyebut instalasi tersebut menjadi viral lantaran berada di pusat kota. "Cuma karena tempatnya di Bundaran HI jadi ramai. Ini Jakarta Pusat pula," ucap dia.
 
Mantan Mendikbud ini tak bisa mengungkapkan alasan memilih material batu untuk instalasi tersebut. Rencana penataan kota di kawasan Bundaran HI berada di Dinas Pertamanan dan Penataan Kota DKI Jakarta.
 
"Itu rancangannya dari Dinas Pertamanan. Jadi, rancangan begitu sama seperti taman-taman yang lain, biasa saja. Tentu untuk mempercantik," pungkas dia.
 
Gabion merupakan anyaman kawat yang diisi batu. Biasanya, batu-batu bronjong digunakan untuk melindungi dan memperkuat tebing tanah lereng sungai atau lereng tanggul.
 
Intalasi ini terdiri dari tiga gabion dengan ukuran berbeda. Di atas gabion dihiasi bunga Bougenville yang berfungsi menyerap polutan di Ibu Kota.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif