Anies Dorong Gerindra-PKS Temukan Kesepakatan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantor BPK DKI. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk buru-buru memutuskan calon wakil gubernur (cawagub). Anies mengaku sudah mengirim surat ke PKS dan Gerindra untuk menemukan titik temu. 

"Tanggal 19 Oktober kami sudah mengirim surat kepada partai-parta pengusung," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 5 November 2018.

Anies mengaku sudah berkirim surat sebelum ditegur oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono. Surat teguran dari Kemendagri itu meminta Anies menindaklanjuti pemilihan wagub DKI yang sudah kosong selama dua bulan.


"Kita kirim surat sebelum ada surat (teguran) dari Pak Dirjen. Kita sudah mengirimkan ke partai. Tapi seperti saya sampaikan, kami itu bekerja, sesuai tahap dari pemerintahan," ujar dia.

Baca: Kursi Wagub DKI Milik PKS

Surat Teguran tersebut disampaikan Kemendagri melalui surat resmi dengan nomor 122.31/8779/OTDA. Surat tersebut dilayangkan pada Jumat 2 November 2018.

Dalam surat tersebut, Sumarsono meminta Anies mempercepat pengisian kursi DKI 2. Apalagi, Jakarta berstatus sebagai Ibu Kota Indonesia.

"Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan saudara dapat mengkoordinasikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," bunyi surat tersebut.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id