Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes Doddy Izwardy (kedua dari kiri). Foto: Yossy Widya/Antara
Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes Doddy Izwardy (kedua dari kiri). Foto: Yossy Widya/Antara

Upaya Kemenkes Capai SDGs pada 2030

Nasional kemenkes
Cindy • 28 Februari 2019 04:00
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) pada 2030. Agenda SDGs meliputi 17 poin tujuan yang telah ditetapkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes Doddy Izwardy mengatakan pihaknya bekerjasama dengan APPNIA (Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak) dalam menyosialisasikan pengetahuan terkait gizi kepada masyarakat.
 
"Tingkat pengetahuan masyarakat soal gizi ini penting. APPNIA sebagai 10 pelaku usaha mendukung praktik pemerintah mencapai SDGs," kata Doddy di Hotel JS Luwansa, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu upaya yang dilakukan Kemenkes dalam pencapaian SDGs yakni pendekatan keluarga terkait gizi. Doddy mencontohkan salah satu pendekatan keluarga seperti pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil.
 
"Kita sampaikan misalnya berat badan Ibu kurang, asupan zat gizinya gimana? Penting disini (pemeriksaan) agar tidak berdampak pada janin dalam kandungannya," contohnya.
 
Tidak hanya itu, ada empat indikator yang perlu diperhatikan untuk mencapai SDGs. Lanjutnya, status sosial ekonomi, ibu pendek (stunting), sanitasi air bersih dan asupan gizi bayi.
 
"Status sosial ekonomi berdampak pada stunting (anak terlahir pendek/sangat pendek). Sementara ibu pendek, harus kita jaga gizi makanannya, pelayanan kesehatannya. Sehingga bisa mengubah gizi pada janin agar tidak stunting," tutur Doddy.
 
Sementara itu, sanitasi air yang bersih bermanfaat bagi pertumbuhan gizi di masyarakat. Serta asupan gizi bayi umur 0-1 tahun harus dijaga.
 
"APPNIA dan kami komit, 0-1 tahun (gizi) dijaga. Diberikan Air Susu Ibu (ASI). Tidak diberikan makanan tambahan seperti susu kaleng dan lainnya," terangnya.
 
Secara rinci, 17 poin SDGs yang ditargetkan secara global oleh PBB yakni tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih sanitasi layak. Energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan.
 
Kota dan pemukiman yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh serta kemintraan untuk mencapai tujuan.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif