Milenial Berebut Kursi CPNS
Peserta bersiap mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (ANT/ M N KAnwa)
Jakarta: Pemerintah membuka ‎calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Mereka yang mendaftar kebanyakan dari kalangan milenial, yakni mulai 20 tahun sampai 29 tahun.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin, ‎saat ditemui dalam acara 'MilenialFest - 90 Tahun Sumpa Pemuda' di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu, 28 Oktober 2018.‎

"Penerimaan CPNS yang sekarang ini yang mendaftar itu 3,8 juta. Semua itu 100 persen kaum milenial, tidak ada kaum tua seperti saya," kata dia.


Dengan rata-rata yang mendaftar dari kalangan anak muda, dia berharap, bisa berkontribusi lebih besar bagi bangsa ini. Terutama di birokrasi dan aparatur sipil negara (ASN).

"Ada harapan di sana, kaum milenial bisa memberikan kontribusi besar kepada bangsa Indonesia terutama sumber daya manusia (SDM) aparatur negara. Ada penghasilan yang tetap. Bisa berimprovisasi, bisa berinovasi, paling tidak pensiun mereka ada masa depan yang bagus," tutur pria asal kelahiran Makassar 57 tahun silam.

Kalangan milenial saat ini, bilang dia, sangat pintar dalam berteknologi, sehingga sangat mampu melakukan reformasi teknologi. Lalu, formasi CPNS kali ini diyakini bisa meningkatkan daya saing yang lebih tinggi di kancah dunia.

"Sekarang di posisi 54, kita akan kejar. Saya yakin dengan masuknya kaum muda akan berubah. Kita akan bisa naik 10 grade lagi. Itu kita akan kejar," tukas mantan Wakapolri ini.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id