Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa

Izinkan Resepsi Pernikahan, Pemprov DKI Jamin Pengawasan Ketat

Nasional dki jakarta Pernikahan Virus Korona
Putri Anisa Yuliani • 11 November 2020 04:34
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menegaskan Pemprov DKI Jakarta bakal mengawasi ketat penyelenggaraan resepsi pernikahan. Penyelenggara pernikahan termasuk pengelola gedung wajib menandatangani pakta integritas pencegahan penyebaran covid-19 (korona).
 
"Pengawasan juga diatur dari internal, dari kami nanti secara rutin berkelanjutan ada pengawasan," ujar Ariza di Balai Kota, Selasa, 10 November 2020.
 
Pengawasan juga diminta dilakukan pihak eksternal, yakni masyarakat serta petugas-petugas yang hadir mengawasi penyelenggaraan resepsi pernikahan. Pengusaha penyelenggaraan pernikahan juga diminta saling mengawasi dan mengingatkan agar penyebaran covid-19 bisa dicegah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi gugus pusat provinsi dan semua unit kegiatan punya petugas yang memantau, sampai tingkat RT, RW, bahkan sampai setiap rumah," tegas dia.
 
(Baca: 13 Gedung di Jakarta Ajukan Permohonan Gelar Resepsi Pernikahan)
 
Dia mengingatkan sanksi bagi para pelanggar protokol kesehatan covid-19 menanti. Sanksi tegas diatur dalam peraturan gubernur (Pergub) maupun peraturan daerah (Perda) penanggulangan covid-19.
 
Pemprov DKI Jakarta mengizinkan warga menggelar resepsi pernikahan di dalam gedung. Tanggung jawab protokol kesehatan pencegahan virus korona diserahkan kepada pemilik gedung.
 
"(Tinggal) mengajukan permohonan ke kami dengan melampirkan SOP (standar operasional prosedur) dan protokol kesehatan seperti apa," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Gumilar Ekalaya saat dikonfirmasi, Jumat, 6 November 2020.
 
Setelah itu, Pemprov DKI akan menilai, meninjau, dan mengevaluasi apakah SOP yang disiapkan sudah sesuai standar. Nantinya, pengelola gedung yang sudah mengantongi izin diminta membuat simulasi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif