Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Cuaca Ekstrem di Jakarta Diprediksi Hingga 22 Januari

Nasional dki jakarta prakiraan cuaca
Sri Yanti Nainggolan • 21 Januari 2021 05:01
Jakarta: Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di Ibu Kota. Cuaca tersebut diprediksi akan melanda Jakarta pada 20-22 Januari 2021.
 
"Berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta," dikutip dari media sosial resmi milik BPBD DKI Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.
 
Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), penyebab cuaca tersebut adalah bibit siklon tropis 92S. Bibit tersebut terpantau di Laut Timor, sebelah selatan Kupang, dengan kecepatan angin di pusat 15 knot dan arah gerak ke Barat-Barat Daya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bibit tersebut mampu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bali bagian timur, NTB, laut Flores, NTT dan Laut Timor.
 
Sementara itu, daerah sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Aceh. Sirkulasi itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Kepulauan Mentawai, Sumatera bagian utara hingga perairan barat Aceh.
 
Hal serupa terpantau di pesisir utara Kalimantan bagian utara dan di perairan utara Malaysia bagian timur yang juga membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga perairan timur Kalimantan Utara.
 
Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang di Banten bagian timur hingga Jawa Barat bagian Timur. Sementara itu, hal serupa juga ditemukan di Sulawesi Tengah bagian selatan hingga Sulawesi Tenggara bagian Selatan dan memanjang dari pesisir utara Papua hingga Papua bagian tengah.
 
"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon, di sekitar sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konvergensi tersebut," demikian keterangan BPBD DKI.
 
BPBD DKI Jakarta mengimbau para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar mengantisipasi potensi cuaca tersebut. Para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta Satuan Tugas (Satgas Banjir/Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Dinas Sumber Daya Air Kecamatan diminta bersiaga.
 
"Hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," demikian imbauan tersebut.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif