Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Warga Keluar Masuk Jakarta Wajib Kantongi Surat Bebas Covid-19

Nasional DKI Jakarta Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19
Kautsar Widya Prabowo • 17 Mei 2021 15:28
Jakarta: Masa berlaku Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta berakhir hari ini, 17 Mei 2021. Masyarakat yang akan keluar masuk Jakarta wajib mengantongi surat bebas covid-19.
 
"Jadi dokumen yang harus disiapkan itu dipastikan negatif surat keterangan bebas covidnya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) di Balai Kota, Jakarta, Senin, 17 Mei 2021.
 
Selain itu, masyarakat diharuskan membawa KTP. Petugas tetap mengecek asal dan tujuan warga yang bepergian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ariza, masyarakat yang tidak mengantongi surat bebas covid-19 wajib menjalani tes. Namun, upaya ini dilakukan secara acak di sejumlah titik.
 
"Jadi mohon kesadaran masyaralat mari kita jadikan protokol kesehatan sebagai sebuah kebutuhan," kata dia.
 
Baca: 2,2 Juta Orang Masuk ke DKI Saat Pelarangan Mudik
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan SIKM. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 569 Tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian SIKM Wilayah Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.
 
"Penerbitan SIKM paling lama dua hari sejak persyaratan dinyatakan lengkap dan berlaku selama masa peniadaan mudik dari 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021," dikutip dari salinan Kepgub Nomor 569 yang diterima Medcom.id, Rabu, 5 Mei 2021.
 
SIKM diberikan pada warga yang bepergian dengan alasan mendesak. Kategori keperluan genting meliputi kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal, ibu hamil, pendampingan ibu hamil, dan pendampingan persalinan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif