Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bachtiar Nasir. Foto: MTVN/Ilham Wibowo
Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bachtiar Nasir. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

GNPF MUI Berupaya menjadi Ormas

Nasional ormas islam
Ilham wibowo • 10 Mei 2017 15:03
medcom.id, Jakarta: Kelompok yang mengatasnamakan diri Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) berupaya mendapat legalisasi hukum sebagai organisasi masyarakat (ormas). GNPF MUI akan bergerak untuk memperjuangkan suara umat Muslim.
 
"Kami akan musyawarah dengan umat, karena ini belum kami resmikan (kelanjutan GNPF MUI)," ujar Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu 10 Mei 2017.
 
Bachtiar mengatakan, kelompok GNPF MUI telah berdiri di berbagai daerah. Menurutnya, perubahan sistem organisasi yang semula ad hock akan berubah menjadi ormas setelah dilakukan musyawarah pimpinan pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan tunduk atas keputusan musyawarah dengan perwakilan umat Islam dari seluruh Indonesia. Akan ada pertemuan khusus yang kami mintakan pendapat," ujarnya.
 
Rencana pertemuan dilakukan dalam waktu dekat. Meski demikian, ia membantah kehadiran GNPF MUI sebagai ormas dapat dimanfaatkan untuk agenda kepentingan politik.
 
"Sekarang udaranya memang pembelaan mereka ke Al Maidah ayat 51. Tidak mungkin mereka tiba-tiba mau diajak ke politik praktis. Tidak semua," ucap Bachtiar.
 
Bachtiar mengatakan, GNPF MUI belum menyusun agenda apapun di Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019. Namun Bachtiar menegaskan, GNPF MUI hanya bergerak untuk mendukung calon pemimpin Muslim. Bachtiar menegaskan, GNPF MUI punya sikap independen dalam setiap kegiatan aksi buat mendukung pemimpin Muslim.
 
"Kami GNPF tidak ke kiri, ke kanan, tapi kami bergerak untuk pemimpin Muslim. Setelah ini kita musyawarah lagi," kata Bachtiar menegaskan.

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif