Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memusnahkan minuman beralkohol di Monas, Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memusnahkan minuman beralkohol di Monas, Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah.

Pemprov DKI Musnahkan 18 Ribu Botol Miras

Nasional minuman beralkohol
Nur Azizah • 27 Mei 2019 10:24
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusnahkan 18.174 botol minuman keras (miras). Miras tersebut dikumpulkan dari penertiban sejak bulan Januari hingga Mei 2019.
 
Sebanyak 18.174 botol terdiri dari berbagai merek. Jika dirinci, sebanyak 1.150 botol berasal dari razia di Jakarta Pusat, sebanyak 6 ribu botol dari Jakarta Barat, sebanyak 2.454 dari Jakarta Selatan, sebanyak 6.108 botol dari Jakarta Timur, dan 2.462 botol dari Jakarta Utara.
 
Pagi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin langsung pemusnahan miras ilegal tersebut. Pemusnahan dilaksanakan di Lapangan Silang Monas Tenggara, Jakarta Pusat. Pemusnahan dilakukan secara simbolis dengan memecahkan botol miras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, seluruh botol digilas kendaraan slender (aspal). Operasi minuman keras merupakan salah satu kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang telah dilaksanakan Satpol PP DKI.
 
Baca: Anies Tidak Peduli Dikritik
 
"Kegiatan pemusnahan minuman keras tanpa izin diharapkan menjadi langkah sosialisasi peraturan dan upaya preventif atas potensi dampak buruk konsumsi minuman keras, termasuk jenis oplosan yang dapat menimbulkan kematian," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 27 Mei 2019.
 
Terkait pembatasan penjualan miras, Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 74 Tahun 2005 menyebut bahwa pengunjung yang belum berumur 21 tahun dilarang memasuki tempat hiburan dan membeli miras. Tempat hiburan yang dimaksud adalah bar, diskotek, dan klub malam.
 
Sementara itu, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol menegaskan pembatasan tempat yang diperkenankan bagi penjualan miras yaitu hanya di supermarket dan hipermarket.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif