Kondisi usai kebakaran melanda RW05 Kampung Bandan, Jakarta Utara - Medcom.id/Intan Yunelia
Kondisi usai kebakaran melanda RW05 Kampung Bandan, Jakarta Utara - Medcom.id/Intan Yunelia

DKI Bangun Shelter Korban Kebakaran Senilai Rp8 Miliar

Nasional kebakaran rumah
Nur Azizah • 01 Juli 2019 16:03
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal membangun hunian sementara atau shelter untuk korban kebakaran Kampung Bandan, Jakarta Utara. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta tengah mengadakan lelang untuk pembangunan 262 shelter.
 
"Kami sedang proses lelang. Nilainya sekitar Rp8 miliar," kata Kepala PRKP Kelik Indriyanto saat dihubungi, Senin, 1 Juli 2019.
 
Kelik mengaku tak ada hambatan dalam membangun shelter itu. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyetujui pembangunan shelter di atas lahannya. "Kita sudah bisa bangun," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pembangunan ini, Pemprov DKI Jakarta bakal mengandeng PT KAI dan Sarana Jaya. Shelter akan dibangun dengan konsep business to bussiness (B to B) antara PT KAI dan Sarana Jaya.
 
"Jangka panjang B to B sarana Jaya dan KAI, apakah nanti pembangunan rusun dan sebagainya," ungkap dia.
 
Baca:Korban Kebakaran Kampung Bandan Menolak Rusun
 
Pemprov DKI berencana membangun kembali permukiman di Kampung Bandan, Jakarta Utara pascakebakaran beberapa waktu lalu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI bakal melibatkan warga dalam penataan rumah padat penduduk itu.
 
"Itu dibicarakan bersama dengan kita nanti adacommunity action plan. Melibatkan masyarakat, dan melibatkan beberapa NGO," kata Anies di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Kamis, 30 Mei 2019.
 
Selain melibatkan warga, Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan PT KAI. Sebab, pembangunan ini akan menggunakan lahan milik PT KAI.
 
"Nanti dibicarakan sama-sama," imbuh matan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.
 
Sebanyak 400 kepala keluarga (KK) dengan total 3.500 jiwa kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kampung Bandan RW 05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu 11 Mei 2019. Tercatat 450 bangunan dan empat ruko hangus terbakar.
 
Kebakaran terjadi sekira pukul 14.15 WIB. Api pertama kali terlihat dari salah satu rumah di RT12, Kelurahan Ancol. Kebakaran itu diduga berasal dari ledakan kompor gas.
 
Api cepat menyebar lantaran bangunan sangat padat dan terbuat dari kayu dan triplek. Kebakaran menjalar di RT 11, 12, dan 13, RW 05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif