ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

WNA yang Ikut Vaksinasi Covid-19 Punya Kartu Izin Tinggal Tetap

Nasional DKI Jakarta WNA Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19 vaksin covid-19
Antara • 05 Agustus 2021 01:00
Jakarta: Warga negara asing (WNA) yang mengikuti vaksinasi covid-19 di kantor kesehatan Pelabuhan Klas I Tanjung Priok, Jakarta Urara, bernama Lee In Wong memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran.
 
"Betul, belum ditemukan pelanggaran Undang-undangnya," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Polisi David Kanitero dilansir dari Antara, Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2021.

 
David menyampaikan WNA tersebut memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) setelah membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Syarat membuat SKTT itu harus memiliki KITAP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"NIK itu dari KITAP. Semua WNA yang sudah terdaftar memiliki NIK. Kalau dia enggak punya NIK, berarti WNA itu ilegal," kata David.
 
Baca: 
WNA Pakai NIK Warga untuk Vaksinasi Covid-19 Diminta Ditelusuri
 
Ia mengatakan SKTT bisa diperpanjang bila diperlukan. SKTT Lee sudah habis masa berlakunya Mei 2021.
 
"SKTT bisa dibuat lagi bila diperlukan selama KITAP yang dimiliki WNA masih berlaku. Kalau KITAP berlaku sampai dengan 2026," ujar David.

 
Sebelumnya, warga Bekasi, Jawa Barat, bernama Wasit Ridwan tidak bisa mengikuti vaksinasi karena NIK miliknya sudah digunakan orang lain untuk vaksinasi. Petugas menolak karena saat verifikasi, NIK Wasit telah digunakan seseorang bernama Lee In Wong.
 
Vaksin disuntikan kepada Lee In Wong pada 25 Juni 2021 di Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas 1 Tanjung Priok. Polres Pelabuhan Tanjung Priok kemudian menemui Wasit dan Lee, juga berkoordinasi dengan pihak KKP Tanjung Priok.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif