Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengunjungi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu, 23 Desember 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengunjungi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu, 23 Desember 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Kakorlantas Cek Pengamanan Nataru di Terminal Kampung Rambutan

Nasional dki jakarta Virus Korona perayaan natal dan tahun baru
Siti Yona Hukmana • 24 Desember 2020 00:05
Jakarta: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Istiono mengunjungi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, untuk memastikan pengamanan libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 (nataru). Para sopir bus antarkota antarprovinsi diwajibkan menjalani tes urine.
 
"Nah, tadi kita lihat Polda Metro Jaya di Terminal Kampung Rambutan membuat pos kesehatan bersama instansi terkait, Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) kita melakukan pengecekan tes urine secara gratis," kata Istiono di lokasi, Rabu, 23 Desember 2020. 
 
Tes urine itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan para sopir bus sebelum berangkat. Istiono juga mengecek kondisi bus-bus yang membawa penumpang ke luar kota. Pengecekan ini akan dilakukan berkala di terminal-terminal lain. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya kita melihat kesiapsiagaan ini akan kita lakukan terus, hari ini di Terminal Kampung Rambutan. Nanti akan kita cek juga di rest area di mana telah disiapkan oleh polda kewilayahan," ujar jenderal bintang dua itu. 
 
Baca: Wajib Rapid Test, Jumlah Penumpang Bus di Tanjung Priok Turun Drastis
 
Istioni mengingatkan sopir bus untuk menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Tak lupa, dia mengimbau pengelola untuk selalu menyemprot bus yang dinaiki penumpang agar terbebas dari penyebaran virus korona (covid-19). 
 
"Mereka rata-rata sudah dites covid-19 di perusahaan otobus (PO) bus masing-masing. Jadi tinggal menunjuk surat saja ketika mau berangkat. Tapi kalau belum nanti akan diakomodasi oleh Polda Metro Jaya, yang utama harus menerapkan protokol kesehatan," ungkap Istiono.
 
Istiono meninjau Terminal Bus Kampung Rambutan bersama Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes)  Sambodo Purnomo Yogo dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo. Istiono memastikan Terminal Kampung Rambutan siap menerima penumpang mudik. 
 
"Pada kunjungan ke Terminal Kampung Rambutan kami melihat kesiapan bahwa Operasi lilin 2020 adalah operasi kemanusiaan," ujar Istiono. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif