Ilustrasi pajak. Foto: Medcom.id
Ilustrasi pajak. Foto: Medcom.id

Pemprov DKI Akan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Nasional Virus Korona pemprov dki pajak kendaraan
Putri Anisa Yuliani • 01 April 2020 09:29
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menghapus denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Rancangan aturan penghapusan denda berada di Biro Hukum DKI untuk diperiksa dan disahkan.
 
"Terkait kebijakan penghapusan sanksi atau denda pajak kendaraan bermotor, dari Bapenda sudah mengusulkan. Masih on process di biro hukum," kata Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu kepada Media Indonesia, Rabu, 1 April 2020.
 
Herlina menyebut hampir seluruh golongan kendaraan akan mendapat penghapusan denda pajak. "Di (rancangan) aturan memang tidak ditegaskan untuk semua jenis kendaraan. Tapi dengan cukup disebut 'penghapusan sanksi untuk pajak kendaraan bermotor' itu sudah cukup mencakup semua," tutur dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, rencana penghapusan denda PKB untuk meringankan beban masyarakat. Sebab, wabah covid-19 telah melemahkan perekonomian masyarakat.
 
Herlina mengatakan penghapusan denda PKB akan dilakukan selama wabah covid-19 masih melanda Jakarta. "Selama wabah covid-19," kata dia.
 
Baca: Pelayanan Samsat di DKI Jakarta Kembali Beroperasi
 
Pajak kendaraan bermotor selama ini cukup sering mengalami penghapusan denda. Tujuannya, mendongkrak pendapatan pajak. Pada 2020, Bapenda DKI menargetkan pendapatan hingga Rp9,5 triliun dari PKB.
 
Sementara itu, Bapenda membatasi operasional kantor unit pengelola pajak daerah (UPPD) di kecamatan dan kantor wali kota guna mencegah penularan covid-19.
 
Untuk memudahkan warga yang hendak membayar PKB, Bapenda menawarkan fasilitas pembayaran online melalui aplikasi 'Salmonas' dan E-samsat Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh di Google playstore.
 
Untuk jenis pajak lainnya, Bapenda menyediakan fasilitas dropbox. Warga bisa meletakkan berkas persyaratan pembayaran pajak dalam satu amplop, lalu dimasukkan ke dalam dropbox tersebut. Petugas akan memproses seluruh pengajuan pembayaran pajak di dalam dropbox itu.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif